Home » » Lupa Mengucapkan Bismillah Di awal Makan

Lupa Mengucapkan Bismillah Di awal Makan

Written By Dwiki Irvan on Thursday, December 6, 2012 | 8:57 AM

Bismillah Segala puji bagi Allah ta’ala, Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagi manusia dan langit sebagai atap, Yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untuk manusia. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam, keluarganya, sahabat serta seluruh pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
Seperti yang kita ketahui bahwa membaca Bismillah Ketika hendak Makan dan minum merupakan suatu adab yang yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

Hal ini tercantum dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan dari Ummu Mukminin Aisyah Radhiallahu anhaa, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

إذا أكل أحدكم طعما فليقل بسم الله

"Jika kalian hendak makan, maka ucapkanlah Bismillah" (Shahih, HR Abu Daud no 3767, Tirmidzi no 1858). 

Tetapi sering kali terjadi pada sebagian kaum muslimin yang lupa ketika mengucapkan bismilah sebelum makan. Karena pada hakikatnya manusia tempat salah dan lupa, maka Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga memberikan solusi apabila kaum muslimin lupa membaca Bismillah di awal makan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan untuk mengucapkan doa, Lafadz doa ini terdapat dalam sebuah hadits dari Aiysah Radhiallahu anhaa bersabda

إِذَا أكَلَ أحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللهِ تَعَالَى، فإنْ نَسِيَ أنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللهِ تَعَالَى في أوَّلِهِ، فَلْيَقُلْ: بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ

"Jika kalian hendak makan , maka sebutlah nama Allah ta’ala (dengan ucapan bismillah), dan jika lupa menyebut nama Allah ta’ala pada awal makan, maka ucapkanlah Bismillahi awwalahu wa akhirohu" (HR Tirmidzi no 1858, Tirmidzi berkata: hadits hasan shahih)

Doa tersebut dengan lafadz

بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillahi awwalahu wa akhirohu 

 Selain dengan membaca bismillah, Tidak ketinggalan pula Makan dan Minum dengan Tangan Kanan. Hal ini betapa mulia Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkannya, dalam sabda :

إذا أكل أحدكم فليأكل بيمينه و إذا شرب فليشرب بيمينه فإن الشيطان يأكل بشماله و يشرب بشماله

"Jika kalian hendak makan, maka makanlah dengan tangan kanan. Jika hendak minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena sesungguhnya syaithan memakan dengan tangan kiri, minum dengan tangan kiri" (HR Abu Daud no 3776, dishahihkan oleh Syaikh Al Bany dalam Shohihul Jami’ no 383)

Demikian lah adab makan ketika lupa mengucapkan bismillah yang Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ajarkan, dengan harapan kita bisa mengamalkannya manakala kita hendak makan atau minum. Dan menjadi pemberat amal timbangan kita di hari kiamat kelak.

Bandung, 6 Desember 2012
Share this article :

Post a Comment